Laman

Rabu, 02 Mei 2012

Tutorial Pembuatan Aplikasi Math


Disini saya akan menjelaskan tentang pembuatan aplikasi berbasis android, dan tujuan dari pembuatan membuat aplikasi Math (rumus Matematika) yang memiliki unsur edukasi yang dapat membantu para pengguna untuk dapat menghitung luas dan volume bangun ruang dan bangun datar secara mudah dan cepat di dalam sebuah handphone/smartphone.
Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi tutor pada waktu senggang dan menambah minat pemain untuk belajar khususnya pelajaran matematika.
Pembuatan aplikasi ini saya menggunakan eclipse gallileo dengan ditambahkan plugin android sdk, ADT, JDK dll.
Struktur Navigasi
            
 Struktur navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi  Math yaitu struktur navigasi Hirarki (percabangan).


Gambar Struktur Navigasi Aplikasi
Pembuatan aplikasi ini menggunakan struktur composite tersebut dikarenakan sebagian besar game ini banyak menggunakan struktur navigasi tersebut. Selain itu, struktur navigasi ini pun lebih memudahkan untuk berinteraksi antara satu tampilan/form dengan tampilan/form yang lainnya.
Pada diagram ini pertama pengguna memilih Menu terlebih dahulu lalu didalam menu itu terdapat Bangun Datar dan Bangun Ruang. Kemudian  pengguna menjalankan/LAUNCH aplikasi dan dapat memilih menu EXIT untuk keluar dari aplikasi, INDEX yang berisikan submenu dari Bangun Datar  dan Bangun Ruang kemudian penguna START aplikasi jika tidak sesuai pilihan atau sudah selesai menjalankan aplikasi pengguna dapat memilih tombol BACK untuk kembali ke aplikasi awal dan keluar.


Bagan Alir (Flowchart)
            Sebelum pembuatan program, terlebih dahulu penulis membuat bagan alir yang akan menggambarkan alur program secara umum. Agar lebih memudahkan dalam pembuatan program nantinya.


Gambar Flowchart 1

Gambar Flowchart 2

Gambar Flowchart 3



Rancangan User Interface
Dalam suatu program, sangat penting untuk memperhatikan suatu sistem user interface yang dapat dimengerti oleh semua orang yang menggunakannya. Sistem ini menunjukkan tampilan utama sampai dengan akhir aplikasi kepada pengguna. User interface aplikasi ini terdiri dari beberapa bagian utama dana salah satunya, yaitu halaman Menu, dan halaman Utama yang terdiri dari beberapa . Halaman menu merupakan halaman yang pertama kali dibuka oleh pengguna. Pada halaman ini ditampilkan menu Bangun Datar berisi perhitungan atau rumus-rumus dari bangun datar, Bangun Ruang berisi perhitungan atau rumus-rumus dari bangun ruang ,Help dan Exit. Berikut penjelasan mendetail mengenai User interface yang ada pada aplikasi math.

1.       Rancangan Menu Utama
2.       Rancangan Menu About
3.      Rancangan Menu Bangun Datar

4.      Rancangan Tampilan Rumus Persegi
            Rancangan tampilan program ini merupakan salah satu dari lima sebmenu dari tampilan menu bangun datar diatas setelah user menekan/memilih button dari list bangun datar. Setelah itu user akan langsung bisa menghitung rumus dari luas bangun tersebut dan melihat gambar dari bangun tersebut.

5.       Rancangan Menu Bangun Ruang
6.       Rancangan Tampilan Rumus Kubus
            Rancangan tampilan program ini merupakan salah satu dari lima sebmenu dari tampilan menu bangun ruang diatas setelah user menekan/memilih button dari list bangun datar. Setelah itu user akan langsung bisa menghitung rumus dari luas bangun tersebut dan melihat gambar dari bangun tersebut.
Gambar-gambar diatas merupakan sebagian contoh dari rancangan aplikasi dari yang saya buat, untuk tampilan/hasil dari yang telah saya buat nantinya akan seperti ini jika dijalankan pada handphone android.

Tampilan Output



1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai pembuatan aplikasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/computer-science/2010/Artikel_11105325.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    BalasHapus