Disini saya akan menjelaskan tentang pembuatan aplikasi
berbasis android, dan tujuan dari pembuatan membuat aplikasi Math (rumus Matematika) yang memiliki
unsur edukasi yang dapat membantu para pengguna untuk dapat menghitung luas dan
volume bangun ruang dan bangun datar secara mudah dan cepat di dalam sebuah handphone/smartphone.
Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi tutor pada waktu senggang dan menambah minat
pemain untuk belajar khususnya pelajaran matematika.
Pembuatan aplikasi ini saya menggunakan
eclipse gallileo dengan ditambahkan plugin android sdk, ADT, JDK dll.
Struktur
Navigasi
Struktur navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi Math yaitu struktur navigasi Hirarki (percabangan).
Gambar Struktur Navigasi Aplikasi
Pembuatan aplikasi ini menggunakan struktur composite tersebut dikarenakan sebagian besar game ini banyak
menggunakan struktur navigasi tersebut. Selain itu, struktur navigasi ini pun lebih memudahkan untuk berinteraksi
antara satu tampilan/form dengan tampilan/form yang lainnya.
Pada diagram ini
pertama pengguna memilih Menu terlebih dahulu lalu didalam menu itu terdapat
Bangun Datar dan Bangun Ruang. Kemudian pengguna menjalankan/LAUNCH aplikasi dan
dapat memilih menu EXIT untuk keluar dari aplikasi, INDEX yang berisikan
submenu dari Bangun Datar dan Bangun
Ruang kemudian penguna START aplikasi jika tidak sesuai pilihan atau sudah
selesai menjalankan aplikasi pengguna dapat memilih tombol BACK untuk kembali
ke aplikasi awal dan keluar.
Bagan Alir (Flowchart)
Sebelum pembuatan program, terlebih
dahulu penulis membuat bagan alir yang akan menggambarkan alur program secara
umum. Agar lebih memudahkan dalam pembuatan program nantinya.
Gambar Flowchart 1
Gambar Flowchart 2
Gambar Flowchart 3
Rancangan User Interface
Dalam
suatu program, sangat penting untuk memperhatikan suatu sistem user interface yang dapat dimengerti
oleh semua orang yang menggunakannya. Sistem ini menunjukkan tampilan utama
sampai dengan akhir aplikasi kepada pengguna. User interface aplikasi ini terdiri dari beberapa bagian utama dana
salah satunya, yaitu halaman Menu, dan
halaman Utama yang terdiri dari beberapa . Halaman menu merupakan halaman yang pertama kali dibuka oleh pengguna. Pada
halaman ini ditampilkan menu Bangun Datar
berisi perhitungan atau rumus-rumus dari bangun datar, Bangun Ruang berisi perhitungan atau rumus-rumus dari bangun
ruang ,Help dan Exit. Berikut penjelasan mendetail mengenai User interface yang ada pada aplikasi math.
1. Rancangan Menu Utama
2. Rancangan Menu About
3. Rancangan Menu Bangun Datar
4.
Rancangan
Tampilan Rumus Persegi
Rancangan tampilan program ini merupakan salah satu dari
lima sebmenu dari tampilan menu bangun datar diatas setelah user
menekan/memilih button dari list bangun datar. Setelah itu user akan langsung
bisa menghitung rumus dari luas bangun tersebut dan melihat gambar dari bangun
tersebut.
5. Rancangan Menu Bangun Ruang
6. Rancangan Tampilan Rumus Kubus
Rancangan
tampilan program ini merupakan salah satu dari lima sebmenu dari tampilan menu
bangun ruang diatas setelah user menekan/memilih button dari list bangun datar.
Setelah itu user akan langsung bisa menghitung rumus dari luas bangun tersebut
dan melihat gambar dari bangun tersebut.
Gambar-gambar diatas merupakan sebagian contoh dari
rancangan aplikasi dari yang saya buat, untuk tampilan/hasil dari yang telah
saya buat nantinya akan seperti ini jika dijalankan pada handphone android.
Tampilan Output
kita juga punya nih jurnal mengenai pembuatan aplikasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/computer-science/2010/Artikel_11105325.pdf
semoga bermanfaat yaa :)
Balas