Laman

Senin, 12 Maret 2012

Definisi & Contoh Sistem Terdistribusi


Apa itu system terdistribusi?

System terdistribusi adalah Sebuah sistem yg komponennya berada pd jaringan computer, komponen tersebut saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dgn pengiriman pesan (message passing).

Kenapa diperlukan system terdistribusi?
Performance
Sekumpulan prosesor dapat menyediakan kinerja yang lebih tinggi daripada komputer yang terpusat 

Distribution
Banyak aplikasi yang terlibat, sehingga lebih baik jika Dipisah dalam mesin yang berbeda contoh: aplikasi perbankan, komersial)

  Reliability
Jika terjadi kerusakan pada salah satu mesin, tidak akan mempengaruhi kinerja system secara keseluruhan
 Incremental Growth
  Mesin baru dapat ditambahkan jika kebutuhan proses meningkat 


Contoh dari pemanfaatan system terdistribusi adalah sebagai berikut: 

Internet
sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia

 
Intranet 

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan WARNET pun dapat di kategorikan Intranet.



Mobile Computing

kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa Mobile computing saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan penggunaan komputer saat ini pun sangat tinggi, sehingga penggunaan Mobile Computing dapat memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan menggunakan komputer.


Sumber : google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar