Laman

Selasa, 08 Desember 2009

Pengenalan Open Source



Jika kita browsing di Internet dengan kata kunci open source maka akan ditampilkan daftar beberapa situs yang memuat sorftware bersifat open source. Masing-masing situs berbeda dalam menyajikan software yang dapat didownload secara gratis tersebut.
Software tersebut juga dikelompokkan berdasarkan kategori, sebagai bahan pembanding berikut ini diambil dari salah satu situs yang memuat software berdasarkan kategori :

- Database: Tuxx Racer, KeePass Password Save
- Desktop: GNU/Win32, KeePass Password Save
- Development: Dev-C++, ZK - Ajax but no Javascript
- Enterprise
: Compiere ERP + CRM Business Solution, JasperReports - Java Reporting
- Games
: ZSNES, KoLmafia
- Multimedia: Weka--Machine Learning Software in Java, ZK - Ajax but no JavaScript
- Networking
: FileZilla
- Security
: Eraser, KeePass Password Safe
- Hardware
: Tcl, Open HPI
- SysAdmin
: TightVNC, phpMyAdmin
- VoIP
: trixbox, freePBX
- CMS
: Atutor, os-Commerce, Joomla, Mambo, Moodle

Berikut ini penjelasan dari CMS yang digunakan untuk opensource.



os-Commerce


osCommerce adalah program opensource e-commerce(perdagangan online) yang digunakan untuk mengelola perbelanja online berbasis web. Oscommerce ini dapat digunakan di berbagai web server yang sudah terinstall PHP dan database MYSQL.
Oscommerce ini digunakan secara bebas dibawah lisensi GNU General Public Lisence. Oscommere adalah solusi bagi anda yang berguna untuk membangun usaha bisnis perdagangan dari skala kecil sampai skala besar secara online.




Moodle
adalah adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment merupakan salah satu CMS yang mengkhususkan diri untuk pembelajaran jarak jauh (e-Learning). Moodle sebagai E-Learning CMS atau sering juga disebut Learning Management Systems (LMS) atau Virtual Learning Environments (VLE) sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pelaksanaan belajar secara virtual.
Moodle dikembangkan dengan menggunakan PHP dan MySql. Karena dikembangkan menggunakan PHP dan MySQL maka Moodle bisa jalan lintas platform, artinya anda bisa install Moodle di Windows, Linux, Mac, BSD dan lain-lainya.
Moodle ini disediakan secara bebas sebagai perangkat lunak Open Source (di bawah GNU Public License). Pada dasarnya Moodle adalah hak cipta, tetapi Anda dapat memiliki kebebasan tambahan. Anda diijinkan untuk menyalin, menggunakan dan memodifikasi Moodle dengan syarat bahwa Anda setuju untuk menyediakan sumber kepada orang lain, bukan mengubah atau menghapus lisensi dan hak cipta asli, dan menerapkan lisensi yang sama karya turunan apapun..
Jadi dengan adanya moodle kita dapat dengan mudah mengajarkan kompetensi yang seharusnya diajarkan melalui tatap muka. Moodle juga dapat digunakan sebagai media evaluasi keberhasilan proses pembelajaran melalui Test Online.


Mambo

Mambo Open Source atau sering disebut Mambo merupakan sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor) yang dapat digunakan untuk membuat situs sederhana hingga yang kompleks.
Pada bulan Agustus 2005, para pengembang inti Mambo hengkang dikarenakan konflik internal antara developer Mambo dengan founder Mambo. Kemudian pada tanggal 16 September 2005 para pengembang inti Mambo mengumumkan CMS baru yaitu Joomla. Rilis versi awal Joomla yaitu versi 1.0.0 merupakan cloning dari Mambo versi 4.5.2.3. Hak cipta Mambo berada pada perusahaan yang bernama Miro International Pty Ltd. Versi terbaru Mambo dirilis pada tanggal 30 November 2005 yaitu Mambo 4.5.3. Jadi, Anda dapat memilih Mambo maupun Joomla untuk membuat situs secara cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar