Laman

Rabu, 02 Mei 2012

BioInformatika

Definisi & Sejarah

Bioinformatika (bioinformatics) merupakan ilmu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Pembahasan dibidang bioinformatik ini tidak terlepas dari perkembangan biologi molekular modern, salah satunya peningkatan pemahaman manusia dalam bidang genomic yang terdapat dalam molekul DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.
Kemampuan untuk memahami dan memanipulasi kode genetik DNA ini sangat didukung oleh teknologi informasi melalui perkembangan hardware dan soffware. Baik pihak pabrikan sofware dan harware maupun pihak ketiga dalam produksi perangkat lunak. Salah satu contohnya dapat dilihat pada upaya Celera Genomics, perusahaan bioteknologi Amerika Serikat yang melakukan pembacaan sekuen genom manusia yang secara maksimal memanfaatkan teknologi informasi sehingga bisa melakukan pekerjaannya dalam waktu yang singkat (hanya beberapa tahun).
Perkembangan teknologi DNA rekombinan memainkan peranan penting dalam lahirnya bioinformatika. Teknologi DNA rekombinan memunculkan suatu pengetahuan baru dalam rekayasa genetika organisme yang dikenala bioteknologi. Perkembangan bioteknologi dari bioteknologi tradisional ke bioteknologi modren salah satunya ditandainya dengan kemampuan manusia dalam melakukan analisis DNA organisme, sekuensing DNA dan manipulasi DNA.

Tutorial Pembuatan Aplikasi Math


Disini saya akan menjelaskan tentang pembuatan aplikasi berbasis android, dan tujuan dari pembuatan membuat aplikasi Math (rumus Matematika) yang memiliki unsur edukasi yang dapat membantu para pengguna untuk dapat menghitung luas dan volume bangun ruang dan bangun datar secara mudah dan cepat di dalam sebuah handphone/smartphone.
Diharapkan aplikasi ini bisa menjadi tutor pada waktu senggang dan menambah minat pemain untuk belajar khususnya pelajaran matematika.
Pembuatan aplikasi ini saya menggunakan eclipse gallileo dengan ditambahkan plugin android sdk, ADT, JDK dll.
Struktur Navigasi
            
 Struktur navigasi berfungsi untuk menceritakan struktur atau alur cerita dari suatu program. Struktur navigasi yang digunakan untuk membuat aplikasi  Math yaitu struktur navigasi Hirarki (percabangan).


Gambar Struktur Navigasi Aplikasi
Pembuatan aplikasi ini menggunakan struktur composite tersebut dikarenakan sebagian besar game ini banyak menggunakan struktur navigasi tersebut. Selain itu, struktur navigasi ini pun lebih memudahkan untuk berinteraksi antara satu tampilan/form dengan tampilan/form yang lainnya.
Pada diagram ini pertama pengguna memilih Menu terlebih dahulu lalu didalam menu itu terdapat Bangun Datar dan Bangun Ruang. Kemudian  pengguna menjalankan/LAUNCH aplikasi dan dapat memilih menu EXIT untuk keluar dari aplikasi, INDEX yang berisikan submenu dari Bangun Datar  dan Bangun Ruang kemudian penguna START aplikasi jika tidak sesuai pilihan atau sudah selesai menjalankan aplikasi pengguna dapat memilih tombol BACK untuk kembali ke aplikasi awal dan keluar.